Tren Kerja Sambil Kuliah di Kalangan Siswa SMK

Published by on

Sekolah menegah kejuruan (SMK) merupakan salah satu alternatif bagi pelajar Indonesia yang ingin siap bekerja setelah lulus pendidikan menengah. Namun, siapa sangka, ternyata banyak dari mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Seorang siswi SMKN 1 Bogor bernama Kirana menuturkan, ingin langsung bekerja setelah lulus sekolah. Kendati demikian, jika diberi kesempatan dan punya biaya yang cukup, gadis berkerudung ini juga memiliki keinginan untuk melanjutkan kuliah.

“Pinginnya sih cari uang dulu baru kuliah. Karena dari awal tujuan masuk SMK supaya bisa langsung kerja. Orangtua juga inginnya begitu, jadi kuliah pakai uang sendiri,” ucapnya dihubungi Okezone, baru-baru ini.

Kirana mengungkapkan, teman-temannya lebih memilih kerja setelah lulus dibanding lanjut studi ke bangku kuliah. Tetapi, mayoritas ingin bekerja sambil kuliah. “Paling banyak itu pingin kuliah sambil kerja jadi semua dapat,” terangnya.

Tak hanya Kirana, siswi SMK lainnya, bernama Annisa Putri juga ingin melanjutkan kuliah setelah mendapatkan pengalaman kerja terlebih dahulu. Jika lanjut kuliah nanti, cewek yang akrab disapa Nisa ini ingin kuliah jurusan komunikasi atau manajemen.

“Satu atau dua tahun kerja dulu, baru lanjut kuliah. Aku enggak takut keburu males karena kalau niatnya baik pasti tetap semangat. Sedangkan jurusan yang aku pilih itu komunikasi dan manajemen karena nyambung dengan jurusan aku di SMK sekarang,” sebut siswi jurusan administrasi perkantoran tersebut.

Dia menambahkan, saat ini mencari kerja dengan latar pendidikan tamatan SMK akan makin sulit lantaran perusahaan kebanyakan merekrut lulusan sarjana. Kendati demikian, Nisa merasa beruntuk selama sekolah mendapatkan berbagai pelatihan di dunia kerja termasuk praktik kerja lapangan (PKL).

“Aku kemarin dua bulan PKL di LIPI dan Kebun Raya di bagian kearsipan. Pengalaman itu berharga sekali karena jadi tahu dunia kerja. Bisa melatih kedisiplinan dan menambah ilmu buat bekal bekerja nanti,” tandasnya.

Categories: Berita

Tim dukungan kami siap menjawab pertanyaan Anda!