Lulus SMK, Isi Industri Pariwisata Yuk!

Potensi wisata di Indonesia tak bisa diragukan lagi. Sektor ini bahkan sangat strategis dalam meningkatkan perekonomian nasional.

Oleh sebab itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy berharap agar industri pariwisata mampu diisi oleh anak bangsa, khususnya siswa lulusan SMK. Pihaknya pun telah melakukan kolaborasi dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk membangun kepariwisataan berbasis pendidikan dan kebudayaan.

Hasil gambar untuk smk pariwisata

“Kita harapkan lulusan SMK Pariwisata dapat terserap di industri pariwisata yang merupakan salah satu sektor strategis pembangunan nasional,” tuturnya dikutip dari siaran pers, Kamis (26/1/2017).

Di sisi lain, Menpar Arief Yahya menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo telah mengamanatkan agar pertumbuhan sektor pariwisata dipercepat. Pariwisata juga ditetapkan sebagai leading sector karena dipandang mampu menyumbang pertumbuhan positif pada ekonomi nasional dalam jangka pendek, menengah, dan panjang.

“Salah satu ciri dari gelombang keempat adalah cultural industry. Pariwisata yang berbasis budaya akan menjadi masa depan ekonomi nasional,” ucap Arief.

Selain memperkuat SMK pariwisata, sinergi antara Kemdikbud dan Kemenpar juga akan fokus pada pembuatan kalender budaya bagi pariwisata Indonesia.

“Salah satu hal yang menjadi daya tarik wisatawan mancanegara adalah budaya Indonesia. Kita perlu menerbitkan kalender budaya, kerja sama Kemenpar dengan Kemendikbud,” tukas Arief.

Sumber : Okezone